Bank Industri Dorong Industri

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

USULAN Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengenai hadirnya bank khusus industri dinilai dapat memicu pertumbuhan sektor industri lebih baik lagi.

Pengamat ekonomi Unhas, Syarkawi Rauf menjelaskan dengan adanya bank bersifat khusus atau spesifik melayani industri bisa memicu pertumbuhan sektor bisnis industri. Hal yang sama juga terjadi di China.

"Mereka memiliki banyak bank yang ditujukan menyalurkan pembiayaan pada kegiatan prioritas, seperti pertanian dengan bank pertanian, industri dengan bank industri, dan lainnya," jelasnya di Makassar, Kamis (25/7/2013).

Untuk proyek ini, pemerintah diperkirakan harus menyertakan modal di atas Rp 5 triliun sehingga bisa masuk bank buku tiga dengan keleluasaan yang tinggi mengelola produk bisnis.

DPD Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulsel juga sangat mendukung hadirnya bank khusus industri. Ketua Kadin Sulsel, Zulkarnaen Arif, mengatakan, kehadiran bank ini diperlukan untuk membantu pelaku usaha sektor industri memenuhi kebutuhannya.

Menurut Zulkarnain, bank itu sejalan peraturan pemerintah mengenai pemberlakuan aturan tentang pengelolaan bahan baku sebelum di ekspor ke luar negeri.

Namun, Ketua Perbanas Sulsel, Andrew Wongjaya, menilai sebaiknya bank industri memberdayakan bank pemerintah yang sudah ada saat ini. "Harusnya bank pemerintah yang sudah ada justru diminta mengalokasikan kredit di bidang industri mengenai berapa persen dari portofolio kreditnya," jelasnya.(*)

26 Jul, 2013


-
Source: http://makassar.tribunnews.com/2013/07/26/bank-industri-dorong-industri
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar: