Pemkot Salurkan Modal Usaha Bergulir di Kelurahan Tamalayu

MAKASSAR,TRIBUN-TIMUR.COM-Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar kembali menyalurkan bantuan dana bergulir modal usaha kepada masyarakat yang memiliki usaha kecil (mikro) melalui badan pemberdayaan masyarakat (BPM).

Kepala Badan Pemberdayaan masyarakat (BPM), Andi Irwan Bangsawan, menyerahkan langsung bantuan tersebut kepada 47 warga di kelurahan Melayu, Makassar, Rabu (24/7).

Masing-masing kepala keluarga (KK) kurang mampu atau kelompok UKM mendapat bantuan sesuai kebutuhan modal jenis usaha mulai Rp 20 Juta hingga Rp 50 juta.

"Penyerahan bantuan modal usaha ini merupakan tahapan kedua yang penyerahannya diawali di kelurahan tersebut, sementara untuk tahapan pertama sudah rampung di 14 kecamatan se-kota Makassar," kata Irwan

Menurut Irwan, Pemkot Makassar. tengah berupaya melakukan akurasi data keluarga miskin pemilik usaha mikro di Makassar agar bisa terdata dan mendapatkan bantuan dana tersebut sehingga penyalurannya tidak salah sasaran.

"Untuk menentukan warga miskin bukanlah hal yang mudah, ada proses pendataan untuk memfaliditasi itu. Untuk menyempurnakan data tersebut, kami menyampaikan penambahan, namun itu bukan berarti jumlah detilnya karena tetap kami akan lakukan pendataan melalui BPS yang lebih akurat," Irwan menambahkan.

Selain bantuan modal bergulir, BPM juga membuka Unit Pengaduan Masyarakat (UPM). Lembaga ini menerima semua keluhan masyarakat terkait masalah Raskin, BLSM dan masalah kemiskinan dan menurutnya sudah 3000 KK telah terdata.

"Data inilah yang kemudian menjadi acuan untuk direkap dan dikembalikan ke kelurahan untuk memperoleh data yang lebih akurat lagi," ujarnya.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Amanah Kelurahan Melayu, Arifin Jafar, mengatakan, hasil monitoring pengembalian dana bergulir Pemkot setiap bulannya sangat baik.

"Lancar, sehingga saya optimis pada tahapan-tahapan selanjutnya bisa lebih banyak lagi usaha-usaha kecil menikmati bantuan tersebut untuk membantu mengembangkan usaha mereka,

memang target kami di tahun 2013 ini yakni membina 50 UKM, jadi masih kurang tujuh, mudah-mudahan ini dana bisa terus bergulir dan mungkin akan mencapai target sehingga lebih banyak lagi UKM yang mendapatkan bantuan ini ke depan," jelas Arifin. (*)

Modal usaha UKM yang Dibagikan :

Rp 50 Juta bagi pemilik usaha kecil

* Dana untuk Warga Tamalayu dalam tahap kedua

* Sebanyak 14 Kecamatan Rampung di tahap pertama

24 Jul, 2013


-
Source: http://makassar.tribunnews.com/2013/07/24/pemkot-salurkan-modal-usaha-bergulir-di-kelurahan-tamalayu
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar: