3 Kesalahan Saat Membuat Kue

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM -Membuat kue sebenarnya bisa jadi kegiatan yang menyenangkan. Namun, yang membuat kesal dan malas membuatnya adalah ketika kue hasilnya bantat, gosong, atau tidak sesuai keinginan.

"Sebenarnya mudah kok membuat kue sendiri. Hanya saja para pemula dan ibu rumah tangga yang belum biasa membuat kue sering melakukan beberapa kesalahan yang bisa membuat kue jadi gagal," kata Chef Degan Septoadji, juri MasterChef Indonesia, setelah memperkenalkan tren kue Candy Pop di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan dan berisiko membuat kue buatan Anda jadi gagal.

1. Terburu-buru
Memasak memang tak bisa dilakukan dengan cepat. Ada tahapan dan langkah yang harus diperhatikan ketika membuat kue. Tekniknya sedikit berbeda dengan proses memasak lainnya, seperti menggoreng atau menumis. Ketika menggoreng atau menumis, Anda bisa membuat tingkat kematangan sesuai keinginan.

Berbeda halnya dengan membuat kue. Semua prosesnya tak bisa dilakukan dengan terburu-buru. "Ada beberapa kue yang adonannya harus diistirahatkan beberapa saat. Hanya saja, terkadang saat resting ini sering dipersingkat. Harusnya 30 menit, tapi karena mau cepat-cepat selesai hanya di-resting 20 menit. Ini akan memengaruhi hasil kuenya," katanya.

2. Tidak membaca resep sampai selesai
Ketika melihat resep makanan yang nikmat dan ingin membuatnya, pasti Anda langsung melihat bahan-bahan dan buru-buru menyiapkannya. Sementara itu, tahapan cara membuatnya pun hanya dibaca satu per satu.

"Padahal seharusnya Anda membaca satu resep ini sampai selesai. Jangan satu-satu, karena semua tahapannya saling berhubungan satu sama lain," jelasnya. 

3. Tak perhatikan faktor lingkungan dan waktu
Tak semua resep bisa sukses dipraktikkan di rumah. Chef Degan mengungkapkan bahwa resep kue dari luar negeri tidak selalu berhasil dipraktikkan di Indonesia.

"Ada perbedaan suhu dan kelembaban antara di luar negeri dan di Indonesia. Perbedaan ini akan memengaruhi pengembangan adonan," katanya. (*)

22 Jul, 2013


-
Source: http://makassar.tribunnews.com/2013/07/22/3-kesalahan-saat-membuat-kue
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar: